Pages

Wednesday 6 July 2011

Trend..

hai.. akhir nyas ekian hari ga nge-blog dengan berbagai alesan.. mulai dari ngantuk, males, pergi sama temen, mules setengah mati.

oia, tadi gw nge-test new authorized soal nya gw nambahin account gmail gw, soal nya lagi gw lagi buka youtube dan gara-gara gw pake google chrome agak ribet kalo email gmail berbeda dalem 1 kompi. so gw harus nambahin account gmail gw ke blog ini.

sebelom gw ngomongin tentang judul blog hari ini, gw mau cerita tentang hari ini dulu. hari ini gw dikerjain tukang entah tukang sayur, ato tukang laennya pokok nya itu tukang sialan banget bangunin gw dari tidur yang lagi adem ayem. gw kira tadi nya itu tukang pos yang biasa nganter surat-surat mulai dari tagihan kartu kredit, tagihan internet, tagiahan.. dan tagihan. tagihan mulu, kenapa ga ada yang ngirim duit gitu ke gw.

oia, kemarennya lagi, lusa kemaren maksud gw. lagi-lagi gw di bangunin dengan cara yang ga enak. suara mesin fogging! gw kaget, dan gw langsung lari ke ruang tamu dan ngelongo keluar dan betapa kaget nya gw banyak asep! (asap maksud gw, bukan mas-mas yang namanya asep). dan gw pun kalang kabut cari koran bekas buat nutupin kolam ikan gw biar ga mabok gara-gara asap fogging. ya gw tau, asap ga masuk dalem aer, tapi yang gw tau itu asap bisa nyampur sama aer! abis nutupin kolam ikan gw, gw pun lari ke meja makan dan nutupin makanan yang ada di meja makan (pasti nya ga pake badan gw, kalo pake badan gw yang belom mandi pada waktu itu, bisa-bisa itu makanan berubah jadi mutant).
nah terus, gw lari ke dapur, dan nutup pintu dapur. belom selesai, gw harus buru-buru lari lagi ke depan buat bukain pintu si tukang fogging. setelah gw bukain pintu si tukang fogging ini refill mesin nya dulu, dan gw baru inget, gimana gw napas kalo nanti asap semua? dan gw pun lari lagi ke dalem ambil 2 lembar tisu dan gw lipet buat nutupin idung gw. dan gw balik lagi ke depan, dan gw ketemu tetangga dan gw nungguin di depan rumah si tetangga ini. rumah gw di fogging dan gw pun bingung, soal nya asap nya masuk ke dalem rumah. so, gw tarik kipas angin yang paling gede di rumah gw dan gw nyalain se kenceng-kenceng nya ngarahin ke depan rumah. setelah beberapa menit kemudian.. berhasil!

itu 2 hari yang lalu, kemaren gw bangun jam 11 kurang dikit dan kalng kabut karena jam 11 gw mau ambil yearbook di sekolah. dan abis itu gw jalan-jalan sama temen gw sampe jam 10 malem. dan pada saat itu juga pertama kalinya gw parkir di mall gading sampe 16.000! oke gw ga akan cerita tentang kemaren soal nya bisa panjang banget.

balik lagi ke hari ini. hari ini gw sendiri di rumah soal nya oma gw lagi pergi. dan siang gw bingung makan apa soal nya ga ada yang masak, so gw pun goreng chicken stick ala militer. maksud gw ala militer gw bungkus tangan gw pake lap bia ga kena percikan minyak. untung nya gw yang baru 2x pernah nge-goreng chicken stick berhasil dengan sukses. dan abis makan itu gw maen kompi sebentar dan tidur. bangun jam 5 nonton, makan, tanpa mandi soalnya gw udah mandi jam 12 siang tadi dan gw di rumah kerjaan nya tidur doank, walaupun ga mandi gw tetep boker dan gosok gigi. tapi biasanya paling penting adalah boker!
dan tadi jam 8-an gw dikamar lagi buka-buka video Buono! band jepang yang gw suka, lagi asik-asik nyanyi tiba-tiba bokap gw masuk dan mengganggu privacy gw. gw pasrah, abis yang bayar internet gw si bokap. daripada ntar di cabut,wa h bisa bumi gonjang-ganjing. apa jadi nya gw tanpa internet, bagi gw internet adalah hidup gw, kalo ga ada internet gw bagaikan orang di negeri laen yang udah ga tau jalan, gatau itu negara apa, dan ga tau gimana bahasa setempat.
sebenrnya tadi gw sempet bosen se bosen-bosennya sampe gw mikir juga ga jadi lagi gw nge-blog. tapi tiba-tiba band jepang yang gw demen ini me-release single baru yang udah gw tunggu-tunggu. dan gw seneng banget.. BANGET! soalnya bagus banget lagu nya, walau gw kagak ngerti artinya. tapi musik itu buat gw ga penting-penting amat gimana liriknya, yang penting irama nya, ya walau ada kecuali nya. kecuali nya itu kalo gw ngerti artinya itu lirik dan gw ga suka.


sekarang gw mau omongin tentang judul post hari ini yaitu Trend. Trend.. apa sih trend? trend menurut kamus bahasa indonesia online (yak, online, males gw buka-buka KBBI, laen kali aja) tren itu adalah gaya muktahir. tapi menurut kamus gw, kamus besar bahasa sapiclubbing atau yang di singkat KBBS tren / trend adalah sesuatu yang lagi berkembang, dikenal orang, di ikutin banyak orang.
gw mau ngomongin trend yang lagi berkembang di anak-anak muda apa lagi ababil atau ABG labil. pertama trend yang pernah gw alamin dan gw amatin itu trend Kamera DSLR. ya Kamera DSLR atau Kamera Digital Single Lens Reflect. mungkin kebanyakan ABG yang sering pegang kamera DSLR ini belom tau apa arti dari DSLR itu sendiri. miris, emang! miris banget. gw mau cerita dulu gimana gw bisa tau tentang DLSR ini. gw dari dulu emang suka moto-moto, mungkin mulai SMP soalnya pada saat itu gw baru punya camera digital, ya gw pernah pegang kamera yang masih pake film dan itu make nya ribet banget! SMP gw suka foto-foto, fyi TK sampe SD gw suka nya difoto, hahaha ya jadi cukup banyak foto pas kecil gw banyak gaya banget deh. ya gimana ga suka di foto pas kecil, gw dulu punya tampang yang lumayan, tapi semenjak gw bertumbuh raut muka gw berubah jadi pas-pasan. kalo mau tau seberapa menarik nya muka gw pas SD? nanti laen posting gw ceritain.

DSLR pertama gw dibeliin sama cici gw tercinta. jadi waktu itu gw sering minjem DSLR temen gw punya, dan hasil foto gw ga jelek-jelek banget. dan cici gw tau gw seneng foto, dan dia baru aja naek gaji, dan baru aja saat itu dia lagi libur, dan baru aja dia minta di temenin beli sepatu buat sesuatu gw lupa. gw pun nemenin cici gw beli sepatu di pasar baru. dari toko ke toko kita datengin sampe dapet sepatu yang dia mau. abis itu kita cegat taksi dan di dalem taksi cici gw bilang 'ko mau beli kamera DSLR dimana ya?' dan gw pun langsung jawab 'di oktagon' oktagon adalah toko kamera yang sering gw liat di internet. sebelom nya cici gw udah bilang pas lagi nyari-nyari sepatu kalo dia pengen beli kamera DSLR dan dia suruh gw nyari dimana si toko oktagon itu berada. gw pun cari lewat hp gw yang pada saat itu lagi gratis internetan dan HP gw itu nokia N70. ya internet itu memang hebat, he knows everything.

dan pada saat itu juga gw di beliin kamera DSLR. ya pada saat itu gw pun bilang dalem hati 'mimpi apa gw semalem, sampe dibeliin DSLR'. ya gitu deh. si kamera DSLR ini memang sangat berpengaruh sama percaya diri. biasanya pemilik DSLR ini dilihat sebagai orang yang
1. banyak duit, soalnya DSLR mahal-mahal.
2. suka foto atau jago moto.
3. keren.

ya si DSLR ini memang ngebuat pemilik nya punya rasa PD yang tinggi. gw pernah ngerasain ikut lomba foto acara sekolah yang cukup gede, di ikutin sama banyak sekolah, dan sponsor nya pun ga maen-maen Canon! dll. yak gw pun ikutan dengan bermodalkan kamera digital Kodak gw. ya.. kamera digital! gw pun awalnya PD soal nya gw sering foto-foto dan pengetahuan gw cukup lah buat ikutan lomba. gw pun ikut mobil kk kelas bareng panitia ke tempat lomba di Pelabuhan Sunda Kelapa. gw pun nimbrung bareng-bareng panitia. peserta pun satu-satu dateng. dan betapa kaget nya gw semua pake kamera DSLR dengan lensa yang lumayan bagus. gw pun langsung drop pas panitia bilang 'sebenrat lagi dimulai ya' gw pun ga berani keluarin kamera gw dari pouch. gw pun sempet memohon-mohon sama temen gw biar di pinjemin kamera DSLR. dan ga dikasih juga. akhir nya gw mengumpul kan keberanian gw buat pake kamera digital Kodak gw. teknik foto gw pun cukup bagus. dan gw pun print foto-foto gw beberapa hari setelah lomba. dan gw yakin konsep foto gw ada satu yang bagus banget. tapi sayangnya, gw lupa matiin stamp tanggal di kamera gw, jadi pas itu di print ada tanggal kapan itu di foto, dan itu sangat-sangat disayangkan. coba ga ada itu tanggal, gw yakin dari 3 foto ada salah satu yang masuk juara, walaupun harapan 3.

itu cerita dari pegnalaman gw. sekarang dari pengamatan gw. pada saat-saat kelas 2 SMA gw ke mall terutama gading banyak anak-anak SMA pake kamera DSLR. dan gw pikir 'wah ternyata gw udah lumayan ketinggalan ya jadi pemilik DSLR' tapi setelah lama gw mengamati mulai dari temen FB gw yang gw ga kenal yang sempet chat ngobrol sama gw tentang DSLR. ya waktu itu gw publish hasil foto-foto gw di FB. dan gw lait banyak anak ABG yang beli atau pake DSLR cuma buat foto temen-temennya lagi ngumpul. ya ampun?! so why you must used DSLR? you can buy a digital camera, that's cheaper and have longer life time.

gw bingung sama orang-orang kayak gitu, beli DSLR cuma buat keren-kerenan. buat foto yang ga penting. gw aja mulai pelit kalo kamera DSLR gw dibuat foto-foto yang ga penting. soalnya DSLR punya umur yang terbatas, umumnya itu 100.000 shot abis itu harus ganti mesin nya yang artinya buy a new one. ciri-ciri orang yang punya DSLR tapi cuma buat keren-kerenan (versi sapiclubbing).
1. biasanya mereka bawa kamera itu tanpa tas nya. dan biasanya di gantung di leher supaya orang tau dia punya DSLR.
2. biasanya mereka cuma punya lensa kit yang dapet dari pabrikan. soalnya ga penting juga mereka beli lensa lagi.
3. biasanya pengetahuannya kurang baut seorang pemula fotografi.


kedua yang lagi rame-ramenya adalah sepeda fixie. ya sepeda yang pedal nya ngikutin putaran roda nya. sepeda yang ga punya rem. sepeda yang ga punya bola-bola besi kecil di dalem poros roda belakang nya. fakta yang terakir mungkin cuma pesepeda fixie bener-bener yang tau itu. kenapa gw tau? gw emang ga suka sepeda fixie, tapi gw suka sepeda. gw sepedaan mulai dari TK, sampe terakir gw naek sepeda kelas 3 waktu motor gw lagi di servis. gw pun pernah pake sepeda dari kelas 3SD sampe 1 SMA akhir, sampe akhir nya gw minta motor karena gw capek naek sepeda. ya, naek sepeda itu capek!

gw sangat ga suka sepeda fixie, satu, awal goes-an sangat-sangat berat. dua, sepeda ga punya rem. sepeda macam apa yang ga punya rem?! rem itu penting banget! bayangin lu lagi ngebut se kenceng-kenceng nya dan tiba-tiba ada orang nyeberang jalan, dan karena sepeda fixie lu ga ada REM! dan lu nabrak itu orang dan lu juga jatoh dengan kecepatan tinggi. yeah, i ever feel in that moment.

dan gw heran, kenapa sepeda fixie 1. ga punya rem 2.warna nya harus mentereng? dan 3. yang naek orang nya kribo? (last question is optional).

gw pernah baca di forum kaskus, ada yang curhat kalo dia di katain ga gaul gara-gara ga pake sepeda fixie. damn! that's ridiculous! gw pun menanggapi dengan balapan, gw comment di sana 'gan lu ajak balapan aja gan, lu pasti menang' ya gw tau dia pasti menang soal nya dia lebih milih sepeda MTB (mountain bike).
ya gw juga, gw lebih suka mountain bike, selain punya suspensi yang bikin pantat ga pegel, MTB juga punya gigi yang banyak. banyak yang bisa di perbuat sepeda MTB daripada fixie.

apa fixie bisa nanjak dengan kemiringan 30 derajat?, apa fixie bisa berenti secara cepat di turunan curam? dan satu favorit gw. apa fixie bisa wheelie? itu loh yang roda depan naek dan lu tetep jalan terus.

dan satu lagi yang gw ga abis pikir. gara-gara sepeda fixie ini ada orang yang ga pernah sepeda-an sampe bela-belain beli rakit ini sepeda. astaga?!

dan yang terakhir yang semua orang indonesia pake. Blackberry.
yap, semua orang tau blackberry, sampe supir bus yang pernah gw lait aja pake BB. BB adalah handphone pabrikan RIM (Research In Motion) Canada. gw udah tau BB dulu, sekitar tahun 2004/5 dan saat itu cuma 1 operator yang pasarin BB itu. Indosat. ya , operator itu dipake bokap gw sejak dulu, dan bokapsering ditawarin soal nya bokap udah bertahun-tahun pake indosat, saat handphone ga banyak kayak sekarang.

dan sekarang BB menjamur bahkan lebih parah daripada jamur, mungkin bisa di bilang meng-kudis, ya kudis lebih banyak daripada jamur.

banyak temen gw dan hampir semua temen gw pake BB. si A pake BB dan berbagi pin dengan B, C, D, E, dll. yak di indonesia sangat aneh menurut pembuat BB. menurut nya sangat aneh pin BB di bagi-bagi kan begitu saja di indo bisa di bilang kayak kacang rebus. sebenernya pin BB itu dibuat seunik mungin dan di negara asal nya pin itu cuma dibagi buat orang-orang terdekat dalam bisnis. ya bisnis, mereka pake Blackberry Messenger untuk meeting secara rahasia. nggak kayak di indonesia yang pin BB dibagi-bagi gitu aja.

seperti cerita sepeda fixie. gw lait di forum kaskus ada orang curhat. kalo dia lagi jalan sama temennya dan ketemu segerombolan cewek pengguna BB. dan si orang curhat ini ga tau-tau banget tentang BB. dansi orang ini pun lirik-lirikan sama si gerombolan cewek ini. dan si cewek ini datengin si orang iniyang kebetulan cowok dua-dua nya. dan mereka (si cewek) nanya 'bagi pin donk' dan si cowok ini pun bingung dan bilang 'pin? pin apa? pin bank?' dan si cewek pun membalas 'pin BB lah, buat apa pin rekening?' dan si cowok bilang 'oh, BB gw ga punya' dan si cewek dengan ketus membalas 'oh, kalo gitu jangan harap kita mau kenalan sama lo!'

damn.. the world become crazy!

hmm.. indonesia makin gila dengan BB. orang yang beli BB pasti 1bulan pertama pandangannya ga bisa lepas dari BB. dan BB nya pun ga bisa diem.


gw pun anti BB, setelah gw itung-itung BB itu merugikan buat gw, terutama Pulsa. soalnya buat program internet + BM nya aja bisa asmpe 100rb, paling murah oke lah 50rb, tp itu kan ga termasuk telfon dan SMS, ada biaya lagi kalo lu nelpon dan SMS, anggep aja 25rb. ya jadi semurah-murah nya 75rb buat BB.
oke ada yang harian, tapi BB tanpa internet jadi apa? BB without internet is shit!

so gw lebih mending Android, yap android sama kayak iPhone tapi hanya lebih murah. Android juga harus pake internet. tapi internet aja lebih murah daripada internet + BBM licence. just 35rb aja gw udah bisa internetan sampe bosen. gw dapet 500MB quota, dan itu ga pernah abis, se boros-boros nyagw pake internet paling sisa quota tinggal 350MB dan itu masih banyak banget.

yap memang ga pake BB cukup menjadi orang terpencil.

so sebuah trend bisa ngebuat orang berubah 180 derajat. dan ga semua trend itu membuat lu gaul, hanya sesaat l terlihat keren. memang terserah sih lu mau ikut trend itu atau nggak. saran gw, ya coba pikir ulang keuntungan lu ikutin itu trend. jangan sampe lu cuma mendapatkan gelar keren sesaat, karena muncul trend baru dan lu ga bisa dapetian nya.

ya gw salah satu kurang suka dengan trend yang ada. gw mungkin kayak Detektif Spooner dalem Film I ROBOT. seseorang yang mengangap robot bisa keluar dari jalur nya 3 safe law. fil;m ini baru aja gw tonton. jadi si detektif ini punya pengalaman buruk dengan robot. dan ga percaya lagi sama robot. dan semua orang bilang si detektif ini orang gila karena nuduh si robot bisa membunuh manusia yang sebenernya bertentangna dengan 3 hukum robot
(1. robot dilarang melukai manusia.
2. robot harus melakukan perintah manusia asal nggak bertentangan dengah hukum 1.
3. robot boleh melindungi diri asal tidak bertentangan dengan hukum 1 dan 2) ya kurang lebih itu, gw agak lupa. hha.

so, walau gw di bilang kuno aneh, old style. tapi gw nyaman dengan itu, so kenapa yang repot mereka yang menilai gw? terus kenapa gw menilai mereka? i'm not judge them. i just give a suggestion to use their smart brain, not an ego.

so, it's up to you.

No comments:

Post a Comment